SIDOARJO – MNS.COM

Ribuan buruh dari berbagai aliansi berkumpul di Stadion Gelota Delta Sidoarjo untuk memperingati Hari Pekerja Indonesia sekaligus HUT SPSI ke 46. Mereka datang dari berbagai kota di Jawa Timur. Meski Presiden Joko Widodo batal hadir namun tidak menyurutkan semangat para buruh untuk menyuarakan revisi Peraturan Pemerintah (PP ) nomor 78 terkait kesenjangan UMK (Upah Minimum Kabupaten) antar wilayah kabupaten/Kota, Minggu, (3/3/2019).

 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim Emil Dardak hadir pada kesempatan itu. Disambut tuan rumah, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan dan  anggota DPR RI Syaikhul Islam.

 

Ketua DPD SPSI Jawa Timur, Achmad Fauzi saat sambutan mengeluhkan terkait PP no 78 yang dianggap kurang adil. Kesenjangan Upah Minimun Kabupaten/Kota selisihnya dianggap tidak masuk akal.

 

Fauzi mencontohkan, UMK Gresik Rp 3,8 juta sedangkan UMK Lamongan yang hanya berbatas jalan raya dengan Gresik UMK nya hanya 2 juta-an. “Selisihnya jauh sekali, seperti UMK di Kabupaten dan kota Pasuruan juga selisihnya jauh, Kabupaten Pasuruan Rp 3,8 juta, sedangkan Kota Pasuruan UMK nya Rp 2 juta-an”, ujarnya.

 

Ketua KADIN Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani  yang diutus secara khusus oleh Presiden Joko Widodo untuk datang ke acara dan menampung aspirasi para buruh di Jawa Timur. Rosan berjanji akan segera bertemu Presiden Joko Widodo menyampaikan keluhan buruh di  Jawa Timur agar PP nomor 78 bisa direvisi atau di tinjau kembali.

 

Gubernur Jatim, Khofifah berjanji akan berupaya mensejahterakan buruh di Jatim, salah satunya dengan program pembangunan perumahan murah untuk buruh dan pendidikan sampai tingkat sarjana dengan biaya terjangkau.

 

“Bapak Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat akan meluncurkan kartu pintar untuk jenjang pendidikan tingkat sarjana. Program tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, selain kerja keras juga harus memiliki cita-cita meraih pendidikan tinggi”, harap Khofifah. (dar)

Teks Foto : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri peringatan Hari Buruh Indonesia dan HUT SPSI ke 46 di GOR Sidoarjo.
Teks Foto : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifuddin saat menghadiri peringatan Hari Buruh Indonesia dan HUT SPSI ke 46 di GOR Sidoarjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here