Pengambilan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Sidoarjo Periode 2019-2024

SIDOARJO – MN.Net

Pimpinan DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 sudah difinitif.  Pada Jumat (20/09/2019) keempat Pimpinan DPRD Sidoarjo dilakukan pengambilan sumpah janji oleh Ketua Pengadilan Negeri (Ketua PN) Sidoarjo, Yapi diruang sidang Paripurna.

Empat pimpinan dewan saat diambil sumpah janjinya

Para pimpinan dewan itu adalah H Usman, M.Kes sebagai Ketua DPRD Sidoarjo dari Fraksi PKB, Bambang Riyoko, SE sebagai Wakil Ketua DPRD Sidoarjo dari Fraksi PDI-P, Kayan, SH sebagai Wakil Ketua DPRD Sidoarjo dari Fraksi Partai Gerindra dan Dr H Emir Firdaus sebagai Wakil Ketua DPRD Sidoarjo dari Fraksi PAN.

Ketua DPRD Sidoarjo, H Usman M.Kes menjelaskan bahwa ia bersyukur dirinya bersama tiga pimpinan dari fraksi lain sudah disahkan dan dikukuhkan sebagai pimpinan yang difinitif. Ia mengatakan bahwa setelah dilantik, pimpinan baru dewan langsung bekerja.

Sejumlah tugas akan dituntaskan, yang pertama adalah menunggu rancangan tata tertib (tatib). “Tatib nya sudah kita ajukan ke Pemprov, tinggal persetujuan saja,”jelasnya H Usman, M. Kes.

Tugas lainnya adalah membentuk alat kelengkapan DPRD (AKD). Mantan Ketua Komisi D ini mengatakan bahwa rancangan AKD sudah terbentuk, hanya tinggal menyampaikan saja. AKD yang harus dibahas adalah pembentukan Badan Musyawarah (Banmus). Karena Banmus merupakan alat kelengkapan DPRD yang nantinya bisa mengagendakan semua kegiatan kedewanan. Selanjutnya pembentukan Badan Anggaran (Banggar).

Ketua PN Yapi membacakan sumpah janji empat pimpinan dewan

Tugas yang darurat segera dituntaskan ialah pembahasan eveluasi APBD perubahan 2019. Semua perlu segera dilakukan harapannya.

Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah, SH, M.Hum mengatakan selamat atas pengambilan sumpah janji empat pimpinan DPRD menjadi difinitif. Abah Ipul panggilan akrabnya ini mengajak kepada pimpinan dan anggota DPRD baru untuk bermitra dengan Pemkab.

“Antara Pemkab dengan legislative itu adalah mitra kerja atau patner kerja. Anggota dewan itu adalah suadara kami. Kami tidak ingin mencari musuh. Kami ingin mencari suadara,”ucapnya lantang mendapat aplaus dari para undangan.

Pimpinan dewan foto dengan bupati Saiful Ilah

Abah Ipul menerangkan bahwa kedudukan pemkab dengan DPRD itu sejajar. DPRD memiliki tiga fungsi utama. Yang pertama adalah fungsi legislasi. Dalam fungsi legislasi, dewan mempunyai kewenangan membentuk peraturan daerah bersama eksekutif. Yang pengertiannya, menjadi pemrakarsa, membahas raperda, serta menyetujui persetujuan raperda.

Abah Ipul berharap jika pemkab mengusulkan sebuah raperda atau kebijakan. Ia berharap untuk memberikan persetujuan, bukan malah ditolak.

Pada kesempatan yang sama, telah dibacakan ada sebanyak 7 fraksi di DPRD Sidoarjo. Sedangkan yang ditunjuk partai menempati posisi jabatannya, yakni Ketua Fraksi PKB, Abdillah Nasih dan Sekretaris, Rizza Ali Faizin, Ketua Fraksi PDIP, Suyarno dan Sekretaris, Choirul Hidayat, Ketua Fraksi Gerindra, Anang Siswandoko dan Sekretaris, Bashor, Ketua Fraksi PAN/PPP, Adhi Syamsetyo Djoko Lelono dan Sekretaris, Haris, Ketua Fraksi Golkar, Warih Andono dan Sekretaris, M Nizar, Ketua Fraksi PKS, Deny Haryanto dan Sekretaris, Atok Ashari serta Ketua Fraksi Nasdem Demokrat, Mochammad Sochib dan Sekretaris, Muhammad Agil Effendi. (dar/adv-humas-dprd-sidoarjo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here