Pelajar Jepang Berkunjung ke Sidoarjo Untuk Belajar Makanan Halal Bisa Masuk ke Negaranya

SIDOARJO – MN.Net

Manuk glathik nuthuli jahe, mari dilantik ayo nyambut gawe peribahasa ini pas bagi anggota DPRD Sidoarjo periode 2019-2024 yang sudah dilantik 21 Agustus bulan lalu. Terbukti wakil rakyat Sidoarjo ini langsung bekerja sambil menunggu terbentuk alat kelengkapan dewan (AKD) dengan menerima kunjungan pelajar dari SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) yang mengajak pelajar Jepang, Kanako Tome dari SMA Takeda Higashi Hiroshima ke kantor setempat, Senin (2/9/2019).

Ketua DRPD Sidoarjo sementara, Usman, Wakil Ketua Sementara, Suyarno dan anggotanya menerima pelajar Jepang, Kanako Tome dari SMA Takeda Higashi Hiroshima, Senin (2/10).

Kunjungan diterima oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo antara lain : Adhy Samsetyo (PAN), Arief Bachtiar (Golkar), Anang Siswandoko (Gerindra), Nurhendriyati Ningsih,  Zahlul Yussar, Hamzah Purwandoyo (PKB) dan Ainun Jariyah (PKB). Tampak Pimpinan dewan sementara yakni Usman (Ketua) dan Suyarno (wakil ketua) memimpin secara langsung menerima kunjungan pelajar dari negara

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAMITA, Edwin Yogi Laayrananta menyampaikan bahwa kunjungan silaturrahim  SMAMITA dalam rangka hadirnya Kanako Tome dari pelajar SMA Takeda Higashi Hiroshima, Jepang.

“Kedatangan Kanako Tome pelajar SMA Takeda Higashi Hiroshima, Jepang ini sebagai balasan atas kunjungan pelajar SMAMITA ke Jepang beberapa bulan lalu. Kedatangan Kanako dalam rangka belajar tentang budaya dan makanan halal,”jelas Edwin Yogi Laayrananta.

Adi Samsetyo (PAN) (memakai baju putih) dan Ainun Jariyah (PKB) saat menyambut kunjungan pelajar Jepang.

Ia menambahkan, kunjungan ini manfaatnya untuk memudahkan data saat promosi ke Jepang dengan harapan anggota  DPRD Kabupaten Sidoarjo dapat mendampingi SMAMITA promosi keunikan dan kekhasan Sidoarjo bulan Juni Tahun 2020.


Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sidoarjo meminta Kanako untuk menyampaikan kepada Walikota dan parlemen setempat untuk mengundang DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam rangka mendampingi SMAMITA ke Jepang. “Mohon Kanako Tome untuk menyampaikan ke walikota dan parlemen Jepang mengundang DPRD Kabupaten Sidoarjo mendampingi SMAMITA ke Jepang,”harap pimpinan dewan sementara dari PKB ini.

Dalam pertemuan itu, Usman menyampaikan sekilas tentang Lembaga DPRD Kabupaten Sidoarjo salah satunya  4 Fungsi Pimpinan sementara, yakni :
1. Memimpin rapat
2. Memfasilitasi terbentuknya Fraksi
3. Memfasilitasi terbentuknya Rancangan Tatib DPRD
4. Memfasilitasi terbentuknya Pimpinan definitif

Setelah Parpol (partai politik) menyerahkan usulan nama-nama Pimpinan definitif disahkan dengan Rapat Paripurna. Dilanjutkan dengan  membentuk Alat Kelengkapan Dewan(AKD) yakni :
1. Pimpinan
2. Komisi, terdiri dari
– Komisi A tentang bidang Pemerintahan dan hokum
– Komisi B tentang Ekonomi dan Keuangan
– Komisi C tentang Infrastruktur dan Pembangunan
– Komisi D tentang Kesejahteraan Rakyat
3. Bapemperda (Badan Pembuatan Peraturan Daerah)
4. BK (Badan Kehormatan)
5. Badan Musyawarah (Banmus)
6. Badan Anggaran (Banggar)

Usman menambahkan, tujuan pelajar Jepang menanyakan makanan halal, proses mendapatkan sertifikasi halal meliputi peninjauan proses pembuatan dan bahan baku kemudian diajukan ke Lembaga dalam hal ini LPPOM MUI dilakukan audit dan memastikan kehalalannya.

“MUI akan mengeluarkan sertifikat halal. DPRD dalam hal fungsi pengawasan. Yakni melakukan pengawasan terhadap produk makanan yang dijual. Kemudian bekerjasama dengan MUI,  agar MUI meninjau kembali status kehalalan suatu produk,”terang Usman.

Dijelaskan lagi oleh Usman, jika ia pernah sekali berkunjung ke Jepang dan ada beberapa rumah makan muslim dan menyampaikan harapan agar Kanako menyampaikan ke Walikota atau parlemen  untuk mengundang DPRD Sidoarjo agar memfasilitasi muslim untuk bisa mudah mengurus sertifikasi halal. 

Pada kesempatan itu, KanakoTome mengutarakan bahwa di Jepang jarang ada makanan halal serta menginginkan agar makanan halal bisa masuk ke Jepang. 

Ditambahkan sedikit oleh Wakil Ketua DPRD Sementara, Suyarno, dalam pertemuan itu mengulas tentang 3 fungsi DPRD yakni Fungsi Pengawasan, Penganggaran dan Pengawasan. Serta DPRD bersifat kolektif kolegial, bersama bupati dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memajukan Sidoarjo. (daryanto/MN.Net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here