Dirjen Kemenaker Resmikan BLK Sidoarjo Seluas 12 Hektar

SIDOARJO – MN. Net

Salah satu kepedulian Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terhadap pemasalahan ketenagakerjaan. Pemkab Sidoarjo telah menghibahkan sebagian aset daerah seluas 12 hektar untuk dibangun Balai Latihan Kerja (BLK), Sebanyak Empat Balai Latihan Kerja (BLK), yakni BLK Sidoarjo, Banyuwangi, BLK Belitung dan BLK Pangkajene Kepulauan, diresmikan. Peresmian dilakukan secara bersama menandai di bukanya BLK Sidoarjo di Desa Janti, Kecamatan Tulangan Jumat (13/09/2019).

Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivits Kementerian Ketenagakerjaan (Dirjen Kemenaker), RI Bambang Satrio Lelono, Bupati Sidoarjo H. Saiful llah, Wakil Bupati Sidoarjo H Nur Ahmad Syaifuddin, SH, Kadisnaker Sidoarjo DR Fenny Apridawati mengunjungi ruang BKL setelah diresmikan, Jumat (13/09/2019).

Hadir dalam peresmian itu, Direktur Jenderal Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivits Kementerian Ketenagakerjaan (Dirjen Kemenaker), RI  Bambang Satrio Lelono, Bupati Sidoarjo H. Saiful llah, Kepala BLK Banyuwangi dan sejumlah pejabat Pemkab Sidoarjo serta pejabat Disnaker Pemprov Jatim.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam sambutannya merasa gembira atas dibuka dan diresmikannya BLK Sidoarjo. Dari BLK ini akan ada banyak tenaga terampil dalam mengisi lapangan pekerjaan. “Dari banyak lulusan BLK yang diterima di perusahaan maupun lainnya, tentunya akan mengurangi pengangguran, termasuk kemiskinan,”harapnya.

“Dengan didirikannya BLK Sidoarjo diharapkan mampu menciptakan tenaga kerja yang mumpuni, kompeten, mempunyai produktivitas tinggi , moralitas yang baik. Dan mampu menjadi salah satu solusi bagi masalah pengentasan penggangguran di Indonesia, khususnya Sidoarjo,”terang Abah Ipul panggilan akrab H Saiful Ilah.

Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivits Kementerian Ketenagakerjaan RI Bambang Satrio Lelono mengatakan, bahwa suatu daerah tidak akan bisa tanpa mempunyai SDM terampil dalam jumlah yang banyak.

“Pembangunan BLK ini bagian dari respon pusat untuk daerah dalam menciptakan tenaga terampil yang dibutuhkan oleh perusahaan dan lainnya. Disini akan dijadikan tempat pelatihan-pelatihan untuk menciptakan tenaga terampil,” katanya.

Dirjen Kemenaker Bambang Lelono saat mresmikan BLK, Desa Janti Tulangan, Sidoarjo, Jumat (13/09/2019).

Dia menambahkan, BLK yang didirikan juga akan mempunyai sarana dan prasarana yang menunjang dalam sehala bentuk pelatihan. Sehingga di BLK-BLK akan melahirkan lulusan yang bermutu.

Usai meresmikan BLK, Bambang Satrio Lelono dan Bupati Sidoarjo H. Saiful llah serta pejabat BLK dari daerah lainnya, melakukan penanaman pohon agar keasrian mewarnai area BLK Sidoarjo yang mempunyai luas sekitar 12 hektar tersebut. Dilanjutkan  keliling ke gedung-gedung di area BLK. Mulai ke ruang workshop, ruang pelatihan industri, kelistrikan, motor, serta muatan lokal yang banyak terdapat peserta yang sedang melakukan pelatihan.(spn/dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here