Dewan Lakukan Pengawasan Pelaksanaan Proyek 2019

SIDOARJO – MN.Net

Komisi C DPRD Sidoarjo lakukan pengawasan proyek Tahun 2019. Komisi yang membidangi pengawasan proyek pembangunan dan lingkungan tersebut masih melakukan pengumpulan bahan untuk dilakukan evaluasi dan sidak (inspeksi mendadak) ke sejumlah lokasi proyek.

Ketua Komisi C, Suyarno, SH dikonfirmasi Rabu (30/10/2019) mengatakan pihaknya masih mendalami dan mengumpulkan bahan untuk evaluasi dan pengawasan proyek-proyek pembangunan fisik tahun ini. Untuk evaluasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bermitra kerja dengan Komisi yang dipimpinannya, sudah beberapa kali pertemuan.

“Untuk sidak ke lokasi proyek. Kami masih mengumpulkan bahan dan laporan dari masyarakat. Bila ada temuan pekerjaan yang harus dikritisi,”tegas Suyarno yang juga Ketua Fraksi PDIP ini.

Politisi partai berlambang banteng moncong putih dari Prambon ini berharap penyerapan anggaran proyek tahun ini berjalan dengan maksimal. Sehingga kebutuhan sarana dan prasarana pembangunan fisik untuk masyarakat Sidoarjo bisa terpenuhi. Termasuk pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan gedung sekolah, pembenahan saluran air serta rehab gedung Puskesmas.

“Komisi C berharap, pembangunan proyek fisik tahun ini berkualitas baik. Sehingga tidak akan ada masalah hukum dikemudian hari,”pinta pria berpostur tinggi yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC PDIP Sidoarjo ini.

Anggota Komisi C yang lain, Dr H Wijono juga berharap uang APBD Sidoarjo yang digunakan untuk proyek fisik hasilnya bagus. Namun capaian penyerapan anggaran dari pengerjaan proyek masih berjalan sekitar 40 hingga 50 persen.

“Ada yang mencapai 70 persen. Itupun hanya beberapa OPD saja. Kemampuan OPD memang berbeda. Ada yang bagus dan ada yang kurang,”tutur Dr Wijono yang menjabat anggota dewan 3 periode ini.

Dr Wijono mempunyai harapan nantinya akan melakukan pemanggilan terhadap OPD-OPD yang bermitra kerja dengan komisinya. Nantinya, saat hearing terbuka untuk kalangan media.

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan pemanggilan OPD terkait. Silahkan nanti diikuti oleh teman media,”harapnya.

Begitu halnya pendapat yang disampaikan Hj Nurhendriyati Ningsih anggota Komisi C dari Partai Nasdem. Selama menduduki jabatan di Komisi C, komisinya sudah melakukan hearing dengan OPD mitra kerjanya. Bahkan hearing dilakukan selama 4 hari sejak 11 – 14 Oktober di Sutos Surabaya.

“Komisi sudah evaluasi dan melakukan pengawasan capaian kinerja dari semua OPD mitra kerja komisi,”ujar Hj Nurhendriyati Ningsih.

Capaian penyerapan anggaran proyek tahun ini rata-rata masih terserap 30 hingga 40 persen. Ada yang mencapai diangka 60 hingga 70 persen, itupun sedikit OPD yang bisa terserap.

“Dengan sisa waktu kurang 2 bulan ini, mereka optimis bisa mencapai penyerapan 100 persen,”katanya. (adv/dar/humas-dprd-sidoarjo)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here