Desa Kedungturi Taman Gelar Karnaval Budaya Sangat Meriah

SIDOARJO – MN.Net

Salah satu peserta saat persiapan pemberangkatan karnaval Desa Kedungturi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (22/09/2019).

Desa Kedungturi Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo masih menggelar Agustusan.  Peringatan kemerdekaan RI ke 74 itu diakhiri dengan menggelar Karnaval Budaya sangat meriah, Minggu (22/09/2019). 

Di siang yang sangat panas, start karnaval dimulai  dari lapangan Desa Kedungturi dan finish juga dilokasi yang sama, para peserta Karnaval Budaya tersebut harus keliling jalan desa sejauh  3,5 Km.

Kemeriahan pun tak dapat terelakkan, karena semua warga Desa Tumpah ruah ditepi jalan untuk melihat atraksi dan kostum dari para peserta.

Peserta berkostum adat Jawa yang semangat dan ceria walaupun panas menyengat.

Pj. Kepala Desa Kedungturi,  Drs Tutuko Trisno mengatakan, saat melepas peserta karnaval budaya, ia merasa bangga kepada warga Desa Kedungturi. “Karnaval budaya tentu ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk saling menjaga toleransi dan keberagaman, khususnya di Desa Kedungturi,”katanya.

Menurutnya, karnaval ini di ikuti oleh semua satuan Rukun Warga (RW) di Kedungturi. Dari masing-masing RW tersebut biasanya terdiri dari beberapa RT yang biasanya punya konsep masing-masing.

“Ini yang menjadikan semakin semarak,”ungkapnya.

Salah satu peserta Karnaval dari RT 19 yang tergabung di RW 07, Habibulloh mengatakan, karnaval ini tidak semata-mata karena keinginan untuk menang ataupun juara,  tetapi lebih pada rasa bangganya menjadi warga Kedungturi yang beragam.

Salah satu kostum bertema adat Dayak dan Papua.

“Jadi, kami sengaja membawa kostum keragaman budaya yang ada di Indonesia. Kostum kami sengaja memakai pakaian adat Papua, Jawa, Dayak dan Bali. Kami juga membuat 2 kostum yang bernuansa merah putih sebagai simbol perekat nasionalisme, pokoknya NKRI harga mati,”katanya dengan nada bangga.

Dari catatan dewan Juri, peserta Karnaval tembus pada angka 3.580 orang peserta. Pada hari itu juga, dewan juri yang berasal dari pihak Muspika Kecamatan Taman pun memutuskan hasil penilaiannya, dan yang menjadi Juara satu adalah RW 08, juara 2, RW 09 dan juara 3, RW 07. (zm/dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here