LIRA Gresik Kawal Korban Penipuan Lapor ke Polres Gresik

Redaksi 408 Kali Dilihat

LIRA Gresik Kawal Korban Penipuan Lapor ke Polres Gresik

LSM LIRA Kabupaten Gresik Kawal Pelaporan Dugaan Penipuan

Gresik Medianusantara. net, -- Dugaan penipuan yang berkedok UMKM dilakukan oleh oknum PT.PUBISKER, dengan Modus mengiming-iming dengan janji manis tapi tidak jelas arah dan tujuan nya.

Dan perusahaan tersebut sudah menyimpang dari apa yang di janjikan serta disampaikan pada awal mula. " Kami selaku masyarakat yang direkrut masuk ke UMKM pubisker tersebut dan yang merasa ditipu adanya cek bodong, permodalan, saham, maupun dengan sistem jual beli tanah kapling, kerjasama dengan perusahaan." ujar Herri Hermanto selaku korban dan pelapor ke awak media selasa 2- pebruari - 2021 Pukul 11.00 Wib.

Korban lain Saiful Rohman juga memberikan tambahan keterangan bahwa dirinya juga kena 130 juta dan masih banyak sekali korban - korban lain di kecamatan - kecamatan wilayah Kabupaten Gresik, bahkan ada yang sampai kena 500 juta.

Para korban tersebut diatas mengeluh pada kami LSM LIRA Kab Gresik, dan dari saran serta arahan kami LSM LIRA membawa permasalahan ini dan mengawal pengaduan ini ke Polres Gresik. "LIRA DPD Kabupaten Gresik ,siap mendampingi,mengawal jalannya proses hukum dugaan penipuan yang dilakukan oknum PT.Pubisker (pusat bisnis kerakyatan) sampai tuntas. "

Kasihan Pihak yang ditipu ini, tidak semuanya orang berduit, bahkan uang yang diberikan ke PT Pubisker itu sebagian juga hutang, karena itulah kami juga terpanggil untuk memberi bantuan pada korban, karena ini sudah merugikan sebagian banyak masyarakat di sekitar wilayah kabupaten Gresik. " jelas Wiwit Arhamur Ridho selaku Bupati LIRA Kab.Gresik.

Semoga aparat penegak hukum Polres Gresik, membongkar kasus yang mulai mengakar ini, tidak itu saja dari banyak nya saksi masyarakat yang merasa kena tipu bujuk rayunya banyak yang sudah keluar uang pribadi untuk menalangi dipergerakan UMKM yang disebut Pubisker yang tidak jelas arah dan tujuannya ini " beber Heri Hermanto yang juga sebagai korban dan pelapor ke awak media.

Cukup besar, bahkan ini hanya sekedar beberapa orang saja, yg masuk dan melaporkan dugaan penipuan tersebut. Dan direktur cabang wilayah kabupaten Gresik' yang bernama "Setyo Hadi Utomo, bersama istrinya Arofah" ikut serta gerilya dan berperan kuat selaku narasumber PT.pubisker. Dirut Cabang di kabupaten Gresik. tidak itu saja' akan tetapi beberapa cara lain untuk menipu mangsanya juga mengaku ngaku selaku direktur Utama (PT. Pubisker) dan itu dikuatkan dalam bukti yang tertera secara tertulis yang kita lampirkan bernama M.Sholeh yang kini tidak diketahui keberadaannya di perusahaan pusat bisnis kerakyatan yang bergerak di bidang UMKM." yang tidak jelas keberadaan kantornya sampai sekarang.

Sedangkan Penipuan sudah diatur jelas' dalam undang-undang  Pasal "378 KUHP, , yang menyebutkan : Barang siapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, baik dengan memakai nama palsu atau keadaan palsu, baik dengan akal dan tipu muslihat, maupun dengan karangan perkataan-perkataan bohong, membujuk orang, merugikan seseorang yang dengan untuk kepentingan pribadi, dengan ancaman pidana empat tahun.

Maka kita selaku Kontrol Sosial kemasyarakatan harus mengambil sikap tegas adanya temuan laporan tim dari lumbung informasi Rakyat (LIRA) dugaan dengan dasar Penipuan yang seperti ini, sangat merugikan masyarakat sekitar paling tidak kita akan dampingi kawal melaporkan ke kerana hukum."sampai tuntas. Ujar Wiwit Arhamur Ridlo M.SP. selaku Bupati LIRA DPD- Kabupaten GRESIK (rep har) .

Tinggalkan Komentar