Tambang Liar di Wilayah Mojokerto Marak

Redaksi 233 Kali Dilihat

Tambang Liar di Wilayah Mojokerto Marak

Galian C di Mojokerto

Mojokerto, medianusantara.net - Kerusakan lingkungan akibat penambangan galian C di Kabupaten Mojokerto saat ini sudah sangat memprihatinkan. Ditambah lagi masih adanya beberapa penambangan galian C yang menyalahi prosedur, karena dilakukan tanpa adanya perencanaan, serta tidak adanya izin dari Pemerintah Daerah setempat.

Akibatnya, kegiatan tersebut merusak bentang alam dan menyisakan tebing curam, selain mengganggu estetika sungai juga membahayakan lingkungan dan warga masyarakat setempat.

Penambangan galian C memang kerap dianggap tambang kecil dan kurang dipandang. Padahal tambang galian C ini relatif mengalami kerusakan lingkungan ekologis yang cukup signifikan.

Penambangan galian C di Kabupaten Mojokerto sering tidak mentaati ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam hal ini, penegakan hukum lingkungan harus ditingkatkan, agar sumberdaya alam dapat didayagunakan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta harus dikelola dengan memperhatikan kemampuan atau daya dukung dari alam itu sendiri.

Pendapatan pajak yang diterima Pemerintah Daerah dari semua penambang, baik resmi maupun liar, terlalu kecil jika dibandingkan dengan kerusakan lingkungan yang terjadi.

Oleh karena itu, upaya pengendalian penambangan galian C tersebut perlu segera dilakukan. Izin untuk penambangan bahan galian C perlu diperketat dan penambangan liar sudah semestinya dihentikan. (Hartono)

Tinggalkan Komentar